Barbie Goceng 's Blog

Ketika Hidup Mengajarkanmu Banyak Hal …

Apa sih supergirl itu?

Supergirl! 
 
 
Makhluk manja, cengeng, en lemah, cap kayak gitu yang sering mampir ke cewek. Cewek dinilai manja karena sering minta bantuan untuk urusan angkat berat kayak angkat meja, angkat koper, terus untuk betulin yang jangkauannya sulit kayak ganti genteng bocor, en betulin listrik. Cewek juga dinilai cengeng karena suka banget pake airmata sebagai senjata.

Para cewek pasti protes deh kalo dapetin penilaian kayak gitu. Kita nggak manja en cengeng tuh Kita nggak selalu deh ya minta bantuan untuk urusan begituan. Kita juga nggak segitu seringnya nangis. Kita tuh cewek tipe TeSA, Tegar Sampai Akhir. Hehehe…

Mungkin juga nih karena pengen nunjukin kalo cewek itu kuat maka muncul lah cewek-cewek Genk Nero. Pernah liat video aksi mereka kan? Nggak keliatan banget kalo mereka cewek manja en cengeng. Ya iya lah orang main pukul en hantam temennya sendiri tanpa belas kasihan gitu. Atau kayak para pegulat perempuan di acara semisal WWF alias Smackdown atau American Gladiator? Para cewek yang benar-benar macho!

Para cewek protes lagi neh. Kita emang tegar, tapi nggak se-macho itu kalleeee. Apalagi kalo disamain kayak para cewek Nero yang brutal, nolak mentah-mentah!
Nah, sebenarnya cewek itu kudu kayak gimana sih supaya bisa tampil sebagai cewek super? Cewek yang nggak dianggap sebelah mata tapi juga nggak jadi kayak monster? Hmmm … tipe cewek yang kayak gimana ya?

Macam-macam formula Supergirl masa kini
Kalo ditanya ke para cewek soal kriteria cewek super bisa jadi jawabannya macem-macem. Nah, menurut hasil pemantauan saya (kayak detektif aje J) yang berikut ini nih yang biasanya jadi formula para cewek untuk bisa jadi cewek super:

Formula 1: Supergirl = P+R+S+F (Keterangan: P=Pretty, R=Rich, S=Smart, F= Famous)
Bagi sebagian cewek, supergirl ataucewek super itu harus oke secara fisik (pretty), oke juga secara finansial (rich), dan tentu harus oke secara otak (smart). Dan, nggak cuma itu dia juga kudu en wajib terkenal (famous). Wah, kalo cewek bisa kayak gitu, komplit deh. Udah cantik, kaya, pinter, terkenal pula! Super!
Tapi, para cewek yang lain pasti pada protes tuh. Kalo emang itu formulanya, berarti dikit dong yang bisa. Karena kan nggak semua cewek itu dilahirkan sebagai orang kaya seperti Paris Hilton. Cantik? Itu sih relatif banget. Apalagi kalo diharuskan terkenal? Waduh butuh biaya kampanye lagi tuh supaya bisa dikenal luas. Iya kalo dibela-belain utang terus emang jadi terkenal, kalo nggak? Kan bisa giling habis. Formula kayak gini sih nggak fair deh.

Formula 2: Supergirl = C1+C2+G (Keterangan: C1=Cerdas, C2=Cantik, G=Gaul)
Buat sebagian cewek yang lain, untuk bisa dipandang sebagai cewek yang super dan nggak dipandang rendah itu nggak harus punya duit banyak. Lagian, duit juga duit ortu bukan punya sendiri. Cewek super itu kudu cewek yang cerdas seiring kecantikan paras, plus gaul gitu loh! Karena percuma aja kalo jadi cewek cantik en cerdas, nilai pelajaran selalu tinggi, tapi nggak kenal lingkungan, atau dikenal sama lingkungan, nggak pas juga. Kalo nggak gaul, bukan cewek super, karena nggak lengkap katanya.

Dan, untuk jadi gaul nggak butuh biaya kampanye. Cukup dengan memberikan senyum paling indah en tulus, sapa kiri-kanan, dan ringan tangan siap memberikan pertolongan. Nah, itu baru pas. Itu versi cewek dengan formula ini.

Formula 3: Supergirl = S1+S2+T (Keterangan: S1=Smart, S2=Sehat, T=Terawat)
Nah, ini formula yang lain untuk jadi cewek super. Formula ini dipake oleh para cewek yang menolak CANTIK dimasukkan sebagai salah satu faktor. Karena cantik itu kan relatif. Makanya nggak usah pake kata CANTIK, tapi TERAWAT. Buat para pengguna formula jenis ini cewek super itu adalah cewek yang pinter alias smart. Tapi, smart aja nggak cukup. Kalo pinter tapi tukang pingsan? Nggak deh. Makanya cewek juga kudu sehat plus terawat.

Jadi, cewek dengan formula jenis ini adalah mereka yang rajin ke perpustakaan, rajin ikut bimbingan belajar, en rajin mempelajari kembali catatan. Mereka juga rajin ke gym untuk ikut senam, en of course rajin ke salon untuk dapet perawatan, atau kalo nggak cukup dana ya rajin beli bedak dingin untuk luluran secara tradisional.

Formula 4: Supergirl = T.B.C (Keterangan: T=Tough, B=Brave, C=Calm)
Formula ini dipake biasanya oleh para cewek yang nggak suka urusan ranking sekolah atau prestasi akademik en urusan fisik dibawa-bawa. Untuk jadi super girl faktor wajah dan bodi nggak masuk itungan. Menjadi cewek super itu nggak harus pintar atau dapet nilai A atau B, tapi yang penting tough (ulet). Bukan ulet bulu lho ya. Karena, kalopun seorang cewek itu nggak pinter-pinter amat, tapi dia ulet, gigih dalam memahami pelajaran, dia juga pasti bisa dapet nilai bagus. Tambahan, cewek yang gigih bisa lebih survive dibanding cewek yang pinter, karena hidup kan nggak cuma urusan sekolah, kuliah, ranking, nilai. Hidup itu penuh dengan berbagai macam persoalan.

Cewek super juga kudu brave (berani). Berani ngadepin persoalan dan cari solusi. Bukannya lari dari persoalan, karena itu malah bikin persoalan tambahan. Tapi, nggak lupa juga, sebagai cewek unsur kelembutan (calm)  tetep harus dipertahankan. Gigih, berani, bukan berarti tega main kasar kan? Gitu kalo versi para cewek formula 4.

Formula 5: Supergirl = (S+H)/R (Keterangan: S=Smart, H=Healthy, R=Religious)
Oleh para cewek yang “penganut” formula ini smart  yang dimaksud nggak melulu diartikan sebagai cewek dengan IQ tinggi. Tapi, smart  yang ini lebih ke kemampuan untuk memecahkan persoalan hidup. Karena percuma jadi cewek dengan IQ tinggi tapi gamang bahkan putus asa pas tertimpa permasalahan hidup. Terus juga, jadi cewek itu harus sehat, kuat, nggak gampang sakit. Jadi, aktivitas bisa terus optimal dilakukan. Plus, urusan aktivitas akal dan aktivitas fisik harus sebanding dengan kadar spiritual (religious) yang dimiliki. Contohnya nih, jangan sampe jadi cewek pinter dan kuat tapi lupa sholat. Semua aspek kudu jalan.
Tapi, kadang cewek yang ngejalanin formula ini sukanya nafsi-nafsi alias gua-gua, elo-elo. Yang penting gua udah sholat, udah puasa, udah berjilbab. Kalo ada orang lain yang nggak sholat, belum pake jilbab ya itu urusan dia sama Allah. Kita sih nggak ikut-ikutan. Kan masing-masing udah ada bagian hitungannya.  Well … padahal kan Islam nggak cuma urusan individu doang, Sis. Apalagi sesama muslim itu kan bersaudara, jadi sebenarnya kudu ada aktivitas saling ngingetin juga.

Jadi Cewek CDMA Yuk!
CDMA? Apalagi tuh. Kayak henpon aja. Eit! Yang ini bukan singkatan dari Code Division Multiple Access . Tapi, CDMA itu adalah Creative, Dynamic, Master of, en Adorable personality.

Apalagi tuh? Ini formula berikutnya selain dari lima formula di atas. Formula ini bisa dipake oleh semua cewek muslim, di mana aja, kapan aja, nggak liat penampilan fisik, nggak pandang status sosial. Plus, plus, plus … cewek yang bisa menerapkan formula ini bisa jadi survivor  en juga pemenang. Bahkan, dia nggak cuma selamat dan menang sendirian. Dia bisa jadi penolong orang lain sehingga bisa juga jadi pemenang.
Penasaran? Kita ulik satu-satu … yuuuuk!

Creative
Pengen jadi cewek super kudu kreatif. Kreatif nggak ada hubungannya sama nilai dan ranking sekolah. Semua cewek bisa jadi cewek yang kreatif kok. Kreativitas itu adalah kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru yang outputnya bisa nantinya berupa aktivitas atau juga produk barang. John Kao, pengarang buku Jamming: The Art and Discipline in Bussiness Creativity, (1996), bilang, “Kita semua memiliki kemampuan kreatif yang mengagumkan, dan kreativitas bisa diajarkan dan dipelajari.”

Cateeet! Kreativitas bisa diajarkan dan dipelajari. Dan, itu emang sejalan banget dengan konsep Islam. Allah kan kasih akal ke semua manusia, termasuk para cewek. Akal itu proses berpikir yang melibatkan otak, panca indera, fakta, dan berbagai informasi yang kita udah serap selama ini. Keberadaan akal itulah yang bikin semua cewek punya peluang besar jadi cewek yang kreatif.

Tinggal temen-temen nih mau nggak memotivasi diri untuk terus belajar, mengasah akal, terus berpikir untuk cari dan bikin sesuatu yang baru. Yang pasti sesuatu yang baru itu harus yang positif ya. Halal atau haram, benar atau salahnya kudu disesuaikan dengan syari’at Islam. Pastinya dong. Akal kan anugerah Allah. Berarti gimana penggunaan akal kita jalanin kudu disesuain dengan maunya Allah.

Jangan sampe kekreativitasan kita malah bikin kita sengsara dan orang lain menderita. Kayak jenis kreativitas tangan ala koruptor dan pelaku ilegal logging, atau pemilik dan pengedar narkoba yang kreatif bikin produk baru dan mangsa baru. Naudzubillahi min dzalik. 

Dynamic
Cewek super juga kudu dinamis. Nggak diem di tempat dalam artian secara fisik juga visi. Cewek super itu harus aktif dalam menjalani hal yang produktif dan positif, nggak pasif. Jadi, orang pertama yang menyuarakan dan menjalankan kebenaran.

Secara visi, dia juga bukan tipe dreamer  alias pemimpi. Sekali dia punya visi tentang satu hal atau dia punya cita-cita, dia akan terus bergerak untuk mewujudkan visi dan cita-citanya. Dan, bagi muslimah sejati, nggak ada visi yang paling agung dan mulia selain tegaknya kembali syari’ah Islam di muka bumi, sehingga umat yang kini hina dan terjajah bisa kembali menjadi umat yang jaya.

Untuk bisa jadi cewek yang dinamis en aktif kayak gitu, kekuatan fisik emang harus diperhatikan. Cewek juga harus kuat! Makanya, teteplah harus perhatiin kondisi badan. Makan, istirahat udah ada porsinya masing-masing. Jangan berlebihan, jangan juga sampe men-zalimi diri sendiri.

Master of
Cewek super juga kudu jadi ahli di bidang yang dia minati atau geluti. Jangan setengah-setengah. Kalo emang minat sama ilmu pasti kayak fisika, matematika, kimia, harus jadi ahlinya. Kalo minat en suka nulis ya belajar terus sampai jadi penulis yang mumpuni. Karena kalo setengah-setengah bakal sulit buat kita untuk nerapin itu dalam kehidupan. Kan, ilmu yang bermanfaat itu yang bisa berguna untuk kehidupan, baik diri-sendiri juga orang lain, yang bikin hidup orang lain itu tercerahkan. Tercerahkan dalam arti yang hakiki yaitu ketika dengan keahlian itu kita dan orang lain jadi makin beriman dan tunduk kepada syariat Allah, bukan malah jadi orang sombong dan lupa Allah. Ketika keahlian bersanding dengan keimanan maka keahlian yang bikin bumi damai dan sejahtera insya Allah bisa jadi kenyataan.

Adorable personality  
Nah, nih dia pamungkasnya. Kreatif? Udah. Dinamis? Udah. Master of? Lagi terus berjuang. Itu semua nggak bakal bertahan kalo nggak diperisai dengan kepribadian yang mengagumkan (Adorable personality). Kepribadian yang mengagumkan itu nggak bakal kita punya kalo nggak disandarkan kepada akidah kita yaitu Islam. Kita kudu konsisten berpikir dan bersikap hanya dengan sandaran syariat Islam. Nggak gampang emang, tapi kita nggak boleh nyerah untuk bisa jadi cewek super yang dicintai Allah dan dinanti oleh surgaNya, kan.

Supergirl is not an Angel
Supergirl juga manusia. Sebagai manusia pastinya nggak lepas dari kekurangan dan khilaf. Cewek super itu bukan malaikat yang bersih dari dosa. Makanya, kita tetep harus mawas diri, saling ngingetin satu sama lain, saling membesarkan hati satu sama lain. Dengan begitu mudah-mudahan para supergirl  akan terus eksis dan nantinya bisa mengajak manusia kembali kepada Allah dan aturanNya, serta membebaskan bumi dan seisinya dari cengkeraman para manusia bulus, rakus, dan durjana. Sehingga berkah Allah akan turun dari langit dan muncul dari bumi seperti dulu ketika Islam jaya. Allahu Akbar!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: