Barbie Goceng 's Blog

Ketika Hidup Mengajarkanmu Banyak Hal …

RPSA ( Rumah Perlindungan Sosial Anak)

PROGRAM PERLINDUNGAN ANAK RPSA (RUMAH PELAYANAN SOSIAL ANAK)

  1. Anak adalah seorang yang belum berusia 18 tahun , termasuk anak yang masih di dalam kandungan (UU no23 tentang perlindungan anak pasal 1)
  2. Anak yang memerlukan perlindungan khusus adalah anak dalam situasi darurat ; anka yang berhadapan dengan hokum; anak dari kelompok minoritas atau terisolasi; dan anak tereksploitasi, yang mencakup eksploitasi ekonomi dan atau seksual, anak yang diperdagangkan, anak yang menjadi korban penyalahgunaan narkotika,alcohol,napza, anak korban penculikan, penjualan dan perdagangan , anak korban kekerasan, anak menyandang cacat, dll.
  3. Perlindungan anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup,tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan , serta mendapat perlindungan dari tindak kekerasan dan diskriminasi
  4. Rumah Perlindungan Sosial Anak adalah lembaga yang memberikan perlindungan kepada anak yang membutuhkan perlindungan khusus dalam bentuk :

1). Temporary Sheller , yaitu unit pelayanan perlindungan pertama yang bersifat responsive dan segera bagi anak-anak yang mengalami tindak kekerasan dan perlakuan salah, atau yang memerlukan perlindungan khusus.

2).Protection Home , yaitu unit pelayanan perlindungan lanjutan dari temporary sheller yang berfungsi memberikan perlindungan,rehabilitasi,pemulihan dan reintegrasi bagi anak yang memrlukan perlindungan secara khusus sehingga anak dapat tumbuh kembang sacara wajar.

TUJUAN RPSA

 

  1. 1.       Tujuan umum

Terlindunginya anak-anak dari situasi nterburuk sehingga dapat kembali kepada kehidupan yang wajar sesuai hak-haknya.

  1. 2.       Tujuan Khusus
    1. Terlindunginya anak-anak dalam melaksanakan tugas-tugasnya kembali sebagai anak baik dirumah, sekolah maupun situasi kehidupan sosial lainnya.
    2. Pulihnya kondisi fisik dan mental anak sehingga anak dapat mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapinya akibat tekanan maupun trauma.
    3. Berkembangnya relasi sosial secara wajar dengan orang-orang di sekitarnya
    4. Terwujudnya situasi kehidupan dan lingkungan yang mendukung keberfungsian sosial serta mencegah terulangnya tindak kekerasan,perlakuan salah dan eksploitasi terhadap anak.

PENERIMA PELAYANAN (KRITERIA CALON KELAYAN)
calon penerima pelayanan berasala dari rujukan rumah sakit,RPK kepolisian, LSM,panti dsb. Selain itu, RPSA dapat menerima calon yang berasal dari masyrakat yang diengkapi dnegan surat pengantar dari pemerintahan setempat . Dalam keadaan tertentu , RPSA sapat menerima calon klien yang datang sendiri natau diantar oleh keluarga . criteria calon klien adalah :

  1. Anak dalm situasi darurat , anak yang berhadapan dengan hokum, anak dari kelompok minoritas , eksploitasi ekonomi dan atau seksual, anak yang diperdagangkan, anak yang menjadi korban penyalahgunaan narkotika,alcohol,napza, anak korban penculikan, penjualan dan perdagangan , anak korban kekerasan, anak menyandang cacat,dan anak korban perlakuan salah dan penelantaran.
  2. Anak berumur dibawah 18tahun , termasuk anak dalam kandungan dengan kondisi rawan ditelantarkan oleh orantuanya.

PRINSIP-PRINSIP PELAYANAN RPSA
 Pelayanan yang diberikan bagi anak di RPSA berlandaskan pada prinsip=prinsip :

  1. Non diskriminasi
  2. Kepentingan terbaik anak
  3. Mneghormati pandangan anak
  4. Mengutamakan hak anak akan hidup,kelangsungan hidup,dan tumbuh kembang
  5. Kerahasiaan

FUNGSI PELAYANAN RPSA

  1. Tanggap darurat , untuk meberika pelayanan segera bagi anak yang menghadapi tindak kekerasan dan perlakuan salah
  2. Perlindungan , untuk melindungi anak yang membutuhkan khusus
  3. Rehabilitasi , untuk memulihkan kondisi nmental anak akibat tekanan dan trauma serta mengembalikan keberfungsian sosial anak agar mereka dapat melaksanakan pernannya kembali scara wajar
  4. Advokasi, untuk memberikan pembelaan terhadap proses penyelesaian kasus yang dihadapi anak , baik secara hokum maupun dalam memperoleh pelayanan sosial.
  5. Reunifikasi dan integrasi untuk menyatukan anak pada keluarga asli, keluarga pengganti,panti.

PEMBIAYAAN

Sumber pembiayaan dapat berasal dari anggaran pemerintah,swadana, sumbangan individu, perusahaan maupun bantuan yang tidak mengikat dalam skala inetrnasional

Sumber pembiayaan yang dikelola pemerintah berasal dari :

  1. APBN/APBD baik rutin maupun pembangunan
  2. Kerja sama dengan badan dunia dan lembaga internasioanal .

Sumber pembiayaan RPSA yang dikelola masyarakat dapat berasal dari :

  1. Swadana
  2. Bantuan subsidi dari pemerintah pusat maupun atau aderah APBD/APBN
  3. Kerjasama dengan badan dunia/lembaga internasional maupun lembaga nasional yang tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku
  4. Kerjasama/bantuan dari perusahaanswasta
  5. Sumbangan masyrakat
  6. Sumber-sumber lainnya yang tidak mengikat

shelyks-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: